TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
PERTEMUAN 1
KAMIS, 03 OKTOBER 2019
DOSEN :
DONIE MARGAVIANTO, SKOM.,MMSI
========================================================
1.1. Pengertian
Sistem
Cerdas atau biasa disebut sebagai Kecerdasan Buatan ataupun Artificial
Intelligence. Sistem cerdas adalah sistem yang menerapkan kecerdasan
buatan. Jadi, “kecerdasan” inilah yang diciptakan untuk kemudian dimasukkan ke
dalam suatu mesin atau komputer. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir layaknya
manusia. Sistem ini juga dibuat agar dapat “berperilaku” seperti manusia, juga
mampu menyerap pengalaman dan mampu bertindak berdasarkan pengalaman tersebut,
sehingga sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir
seperti halnya manusia.
Contoh penerapan sistem cerdas:
1. Twenty Questions
Sebuah game berdasar Neural Network yang menampilkan 20 pertanyaan.
Sebuah game berdasar Neural Network yang menampilkan 20 pertanyaan.
2. The Start Project
Sebuah sistem berdasar web di mana partanyaan-jawaban dalam bahasa Inggris
3. Brainboost
Sistem tanya-jawab yang lain.
4. AskEd!
Sebuah sistem tanya-jawab multi lingual.
5. Cyc
Sebuah koleksi pengetahuan dasar yang luas mengenai fakta-fakta tentang dunia nyata dan kemampuan untuk beralasan dengan logika.
6. ALICE dan Alan
Sebuah chatterbot (serta chatbot,chatterbox) adalah program bot yang dapat melakukan percakapan dengan manusia.
7. Jabber Wacky
Sebuah chatterbot pembelajar.
1.2. Kecerdasan Buatan
Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang
bersangkutan dengan membuat komputer berperilaku seperti manusia. Istilah ini
diciptakan pada tahun 1956 oleh John McCarthy di Massachusetts Institute of
Technology. Dimana dalam kecerdasan buatan ini dilakukan simulasi proses
kecerdasan manusia oleh mesin, terutama sistem komputer. Proses ini
meliputi pembelajaran atau learning (perolehan informasi dan peraturan untuk menggunakan informasi), penalaran atau reasoning (menggunakan peraturan untuk
mencapai perkiraan atau kesimpulan yang pasti), dan koreksi diri atau self-correction.
Namun hingga saat ini, tidak ada komputer yang
menunjukkan kecerdasan buatan penuh (yaitu, mampu mensimulasikan perilaku
manusia). Kemajuan terbesar telah terjadi di bidang permainan bermain. Program
catur komputer terbaik sekarang mampu mengalahkan manusia. Pada bulan Mei 1997,
sebuah komputer super IBM bernama Deep Blue mengalahkan juara catur dunia Gary
Kasparov dalam pertandingan catur. Di bidang robotika, komputer sekarang banyak
digunakan di pabrik perakitan, namun hanya mampu melakukan tugas yang sangat
terbatas. Robot memiliki kesulitan besar untuk mengidentifikasi objek
berdasarkan penampilan atau nuansa, dan mereka masih bergerak dan menangani
benda-benda dengan canggung.
1.3. Sejarah Kecerdasan Buatan
Tahun 1950 – an Alan
Turing, seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan percobaan.
Turing (Turing Test) yaitu
sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan pada jarak jauh. Di ujung yang
satu ada terminal dengan software AI dan diujung lain ada sebuah terminal
dengan seorang operator. Operator itu tidak mengetahui kalau di ujung terminal
lain dipasang software AI. Merekaberkomunikasi dimana terminal di ujung
memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yangdiajukan oleh operator.
Dan sang operator itu mengira bahwa ia sedang berkomunikasi dengan operator
lainnya yang berada pada terminal lain.
Turing beranggapan bahwa
jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi
dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti
layaknya manusia).
1.4. Kecerdasan buatan dari aspek prospektif kecerdasaan
dan aspek penelitian
1.
Dari
perspektif Kecerdasan (Intelligence)
AI adalah
bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang
sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
Contoh :
1.
Siri
Siri adalah salah satu asisten pribadi virtual
paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan iPad. Asisten yang
diaktifkan sebagai suara perempuan ramah berinteraksi dengan pengguna dalam
rutinitas sehari-hari. Dia membantu Anda menemukan informasi, mendapatkan
petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan
menambahkan acara ke kalender.
Siri menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk
mendapatkan pertanyaan dan permintaan bahasa alami yang lebih cerdas dan mampu
memahami. Ini pasti salah satu contoh paling ikon dari kemampuan belajar pada
mesin smartphone.
2.
Dari
perspektif penelitian
Kecerdasan
buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan
sesuatu sebaik yang dikerjakan oleh manusia.
Domain
Penelitian dalam kecerdasan buatan :
a.
Mundane task
-
Persepsi (vision & speech).
-
Bahasa alami (understanding, generation & translation).
-
Pemikiran yang bersifat commonsense.
-
Robot control.
b.
Formal task
-
Permainan/games.
-
Matematika
(geometri, logika, kalkulus integral, pembuktian).
c.
Expert task
-
Analisis finansial.
-
Analisis medikal.
-
Analisis ilmu pengetahuan.
Rekayasa
(desain, pencarian kegagalan, perencanaan manufaktur).
Sumber:
file:///Users/ademayem/Downloads/Kecerdasan_buatan%20Ibu%20Idha.pdf,
diakses pada 6 Oktober 2019
https://maghfiramaulan.blogspot.com/2016/11/sistem-cerdas-intelligent-information.html,
diakses pada 6 Oktober 2019
https://citragitaaulia.wordpress.com/2017/09/25/pengantar-teknologi-sistem-cerdas/,
diakses pada 6 Oktober 2019
http://userizawaproject.blogspot.com/2015/03/kecerdasan-buatan-artificial.html,
diakses pada 6 Oktober 2019
https://alvendraihza.blogspot.com/2018/10/tugas-makalah-teknologi-sistem-cerdas.html,
diakses pada 6 Oktober 2019
https://medium.com/@teknoiot/contoh-penerapan-artificial-intelligence-yang-populer-saat-ini-508851fca1d4,
diakses pada 6 Oktober 2019
Comments
Post a Comment