Peng. Teknologi Sistem Cerdas Pertemuan 1



TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
PERTEMUAN 1

KAMIS, 03 OKTOBER 2019


DOSEN : 
DONIE MARGAVIANTO, SKOM.,MMSI













========================================================

1.1. Pengertian
Sistem Cerdas atau biasa disebut sebagai Kecerdasan Buatan ataupun Artificial Intelligence. Sistem cerdas adalah sistem yang menerapkan kecerdasan buatan. Jadi, “kecerdasan” inilah yang diciptakan untuk kemudian dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir layaknya manusia. Sistem ini juga dibuat agar dapat “berperilaku” seperti manusia, juga mampu menyerap pengalaman dan mampu bertindak berdasarkan pengalaman tersebut, sehingga sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti halnya manusia.

Contoh penerapan sistem cerdas:

1. Twenty Questions
Sebuah game berdasar Neural Network yang menampilkan 20 pertanyaan.

2. The Start Project
Sebuah sistem berdasar web di mana partanyaan-jawaban dalam bahasa Inggris

3. Brainboost
Sistem tanya-jawab yang lain.

4. AskEd!
Sebuah sistem tanya-jawab multi lingual.

5. Cyc
Sebuah koleksi pengetahuan dasar yang luas mengenai fakta-fakta tentang dunia nyata dan kemampuan untuk beralasan dengan logika.

6. ALICE dan Alan
Sebuah chatterbot (serta chatbot,chatterbox) adalah program bot yang dapat melakukan percakapan dengan manusia.

7. Jabber Wacky
Sebuah chatterbot pembelajar.


1.2. Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang bersangkutan dengan membuat komputer berperilaku seperti manusia. Istilah ini diciptakan pada tahun 1956 oleh John McCarthy di Massachusetts Institute of Technology. Dimana dalam kecerdasan buatan ini dilakukan simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin, terutama sistem komputer. Proses ini meliputi pembelajaran atau learning (perolehan informasi dan peraturan untuk menggunakan informasi), penalaran atau reasoning (menggunakan peraturan untuk mencapai perkiraan atau kesimpulan yang pasti), dan koreksi diri atau self-correction.

Namun hingga saat ini, tidak ada komputer yang menunjukkan kecerdasan buatan penuh (yaitu, mampu mensimulasikan perilaku manusia). Kemajuan terbesar telah terjadi di bidang permainan bermain. Program catur komputer terbaik sekarang mampu mengalahkan manusia. Pada bulan Mei 1997, sebuah komputer super IBM bernama Deep Blue mengalahkan juara catur dunia Gary Kasparov dalam pertandingan catur. Di bidang robotika, komputer sekarang banyak digunakan di pabrik perakitan, namun hanya mampu melakukan tugas yang sangat terbatas. Robot memiliki kesulitan besar untuk mengidentifikasi objek berdasarkan penampilan atau nuansa, dan mereka masih bergerak dan menangani benda-benda dengan canggung.

1.3. Sejarah Kecerdasan Buatan

Tahun 1950 – an Alan Turing, seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan percobaan.

Turing (Turing Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan pada jarak jauh. Di ujung yang satu ada terminal dengan software AI dan diujung lain ada sebuah terminal dengan seorang operator. Operator itu tidak mengetahui kalau di ujung terminal lain dipasang software AI. Merekaberkomunikasi dimana terminal di ujung memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yangdiajukan oleh operator. Dan sang operator itu mengira bahwa ia sedang berkomunikasi dengan operator lainnya yang berada pada terminal lain.

Turing beranggapan bahwa jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia).

1.4. Kecerdasan buatan dari aspek prospektif kecerdasaan dan   aspek penelitian

       1.     Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence)
AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
Contoh :
1.     Siri
Siri adalah salah satu asisten pribadi virtual paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan iPad. Asisten yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah berinteraksi dengan pengguna dalam rutinitas sehari-hari. Dia membantu Anda menemukan informasi, mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender.

Siri menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendapatkan pertanyaan dan permintaan bahasa alami yang lebih cerdas dan mampu memahami. Ini pasti salah satu contoh paling ikon dari kemampuan belajar pada mesin smartphone.

     2.     Dari perspektif penelitian
Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan oleh manusia.
Domain Penelitian dalam kecerdasan buatan :
a.      Mundane task
-        Persepsi (vision & speech).
-        Bahasa alami (understanding, generation & translation).
-        Pemikiran yang bersifat commonsense.
-        Robot control.
b.      Formal task
-       Permainan/games.
-       Matematika (geometri, logika, kalkulus integral, pembuktian).
c.       Expert task
-        Analisis finansial.
-        Analisis medikal.
-        Analisis ilmu pengetahuan.
Rekayasa (desain, pencarian kegagalan, perencanaan manufaktur).



Sumber:



Comments