PTSC 3.4

KOMPONEN ARSITEKTUR DARI SISTEM PAKAR

• Knowledge base (Basis Pengetahuan)
– berisi semua fakta, ide, hubungan, aturan dari suatu domain permasalahan
• Inference Engine (Motor inferensi )
– bertugas untuk menganalisis pengetahuan dan menarik kesimpulan berdasarkan knowledge base dan aturan.
• User Interface
– Interaksi dengan user
– Membangun dan memelihara basis pengetahuan
(knowledge base)

Arsitektur sistem pakar dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Komponen-komponen yang terdapat dalam sistem pakar adalah :


  • Antarmuka pengguna (User Interface)
  • Basis pengetahuan
  • Akuisisi pengetahuan
  • Mesin inferensi
  • Workplace
  • Fasilitas penjelasan
  • Perbaikan pengetahuan

Basis pengetahuan mengandung pengetahuan untuk pemahaman, formulasi, dan penyelesaian masalah. Komponen sistem pakar ini disusun atas dua elemen dasar, yaitu fakta dan aturan. Fakta merupakan informasi tentang obyek dalam area permasalahan tertentu, sedangkan aturan merupakan informasi tentang cara bagaimana memperoleh fakta baru dari fakta yang telah diketahui [Arhami, 2004]. Ada 2 bentuk pendekatan basis pengetahuan yang sangat umum digunakan, yaitu :


  • penalaran berbasis aturan, dan
  • penalaran berbasis kasus [Kusumadewi, 2003].

a)     Penalaran berbasis aturan (Rule-Based Reasoning)

Pada penalaran ini, pengetahuan direpresentasikan dengan menggunakan aturan berbentuk: IF–THEN. Bentuk ini digunakan apabila kita memiliki sejumlah pengetahuan pakar pada suatu permasalahan tertentu, dan si pakar dapat menyelesaikan masalah tersebut secara berurutan [Kusumadewi, 2003].

b)     Penalaran berbasis kasus (Case-Based Reasoing)

Pada penalaran ini, basis pengetahuan akan berisi solusi-solusi yang telah dicapai sebelumnya, kemudian akan diturunkan suatu solusi untuk keadaan yang terjadi sekarang (fakta yang ada). Bentuk ini digunakan apabila user menginginkan untuk tahu lebih banyak lagi pada kasus-kasus yang hampir sama (mirip). Selain itu, bentuk ini juga digunakan apabila kita telah memiliki sejumlah situasi atau kasus tertentu dalam basis pengetahuan [Kusumadewi, 2003].



Referensi :

Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Andy, Yogyakarta

Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu
http://lulu.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/45787/02-SistemPakar.pdf, diakses pada 25 Nov 2019
http://hendrik.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/23070/sistem-pakar.pdf, diakses pada 25 Nov 2019
https://adrianasari.wordpress.com/tag/arsitektur-sistem-pakar/diakses pada 25 Nov 2019

Comments