IT Infrastructure Library (ITIL) merupakan sebuah framework yang memberikan panduan (guidance) mengenai pengelolaan IT berbasis layanan yang telah banyak diadopsi oleh berbagai organisasi dan perusahaan diberbagai industri dan sektor. Apabila ITIL diterapkan secara tepat, maka akan memberikan manfaat yang optimal dalam memudahkan pengelolaan layanan IT, meningkatkan kualitas layanan IT, bahkan sampai membuahkan kepuasan pengguna layanan IT.
ITIL Service Management adalah disiplin untuk mengelola sistem teknologi informasi. The Information Technology Infrastructure Library adalah pendekatan berorientasi proses untuk IT Service Management. Organisasi TI sukses telah berpaling ke manajemen layanan ITIL untuk membimbing mereka melalui perencanaan, desain, pengembangan, pengiriman, dukungan layanan mereka dan apalagi itu adalah berfokus pada pelanggan.
Tujuan Information Technology Infrastructure Library (I.T.I.L) adalah untuk
menyediakan petunjuk untuk praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi
informasi. Ini mencakup pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi
berdasarkan kebutuhan bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan.
- Meningkatkan kepuasan pengguna dan pelanggan terhadap layanan IT
- Memperbaiki ketersediaan layanan, yang berpengaruh secara langsung dalam meningkatkan keuntungan dan pendapatan bisnis.
- Menghemat keuangan, dari pengurangan kerja, kehilangan waktu
- Memperbaiki manajemen sumber daya dan keguanaan
- Memperbaiki pembuatan keputusan dan mengoptimalkan resiko
- Memperbaiki waktu terhadap pasar untuk produk baru dan layanan
https://itgid.org/pemahaman-itil/ (diakses pada 2020/04/04 21:57 WIB)
http://articleren.blogspot.com/2018/05/tujuan-dari-information-technology.html (diakses pada 2020/04/04 21:00 WIB)
Comments
Post a Comment